Sifat yang Harus Dimiliki Oleh Pengusaha

Bukan rahasia bahwa menjadi pengusaha sangat beresiko dan memiliki tantangan tersendiri. Cara menjadi pengusaha sukses, yakni pengusaha tersebut harus memiliki karakter dan sifat yang tepat dan bijak. Setidak-tidaknya pengusaha wajib memiliki empat karakter, yaitu:

  • Fokus
  • Advantage
  • Kreativitas
  • Ego

Dengan memiliki fokus, maka membantu seorang pengusaha untuk dapat melihat segala sisi usahanya dan dapat meminimalisir adanya kerugian atau masalah. Lalu, dengan adanya advantage yakni dapat melihat manfaat dari apa yang diusahakan, manfaat ini tidak hanya untuk pengusaha itu sendiri melainkan manfaat secara luas. Kreativitas harus dimiliki oleh semua pengusaha, agar menciptakan inovasi terbaru dan lebih memberi manfaat dan menarik pelanggan. Dan yang keempat adalah ego, karakter ini wajib dimiliki agar ketika menemui hambatan dapat berpikir dengan tenang dan menyelesaikan masalah dengan tenang.

Empat karakter tersebut bukanlah satu-satunya, seorang yang memilih terjun di bidang usaha menjadi pengusaha juga harus memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  1. Motivasi yang kuat sangat diperlukan sebab dengan motivasi yang kuat dapat membantu mewujudkan planning untuk suatu usaha yang akan di kembangkan.
  2. Disiplin adalah kunci menjadi seorang pengusaha, baik dalam management waktu, atau dalam disiplin bekerja, termasuk dalam disiplin mengenai produk. Ketika disiplin, maka usaha itu pelan tapi pasti akan berkembang dengan baik.
  3. Etos kerja yang tinggi juga dapat memicu pekerjaan yang lebih baik lagi.
  4. Rasa ingin tahu mengembangkan dan tidak malu belajar agar wawasan lebih luas lagi.
  5. Memiliki sikap tegas dalam mengambil keputusan ketika dibutuhkan. Harus paham prioritas utama.
  6. Kreatif tidak hanya dalam mengembangkan produk, tetapi juga kreatif dalam menjalin hubungan dengan relasi baru.
  7. Visi yang kuat dan jelas dapat membantu pengembangan usaha yang lebih baik dan sesuai target.
  8. Harus memiliki sifat persuasive sebab seorang pengusaha dituntut selain menjadi negosiator, terlebih mereka harus meyakinkan sebab dengan kemampuan membujuk secara halus kepada seorang partner, klien, bahkan investor agar tertarik bekerja sama.
  9. Berani mengambil resiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *